About Hardware

| Rabu, 14 Oktober 2015

Hardware ? Di jaman yang serba modern ini kita pasti sering mendengar kata Hardware. Dalam kehidupan kita sehari-hari kita pasti menggunakan sebuah komputer maupun mobile phone atau yang biasa disapa dengan Smartphone. Di dalam sebuah komputer maupun di smartphone pasti terdapat suatu hardware. Sekarang, apa itu Hardware ? 

Hardware merupakan perangkat keras yang ada di suatu komputer maupun smartphone yang dapat dilihat dan dapat dipegang (fisikal) yang berfungsi untuk menjalankan suatu komputer. Tetapi komputer tidak dapat berjalan jika hanya ada sebuah hardware seorang, komputer dapat berjalan dengan hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware(user/penggguna). Jadi komputer dapat berfungsi secara efektif karena komputer merupakan sebuah sistem, yaitu kombinasi dari komponen-komponen yang saling beruhubungan yang menampilkan fungsi dasar berupa input, pemrosesan, output, penyimpanan dan pengendalian.

Pada dasarnya Komputer memiliki beberapa kategori :
·         Mainframe
·         Midrange
·         Komputer Mikro
·         Super Komputer


1.   Mainframe

Mainframe merupakan komputer yang memiliki sistem operasi sendiri dan berukuran sangat besar dan biasanya bertindak sebagai server. Mainframe berukuran sangat besar karena memiliki penyimpanan / storage yang sangat besar, selain penyimpanan yang besar proses data pada mainframe sangatlah cepat. Saking cepatnya, Mainframe mampu melakukan komputasi yang sangat kompleks dalam waktu yang ssangat singkat. Kenapa kita menggunakan Mainframe ? Berikut merupakan alasannya :
·         Rentang cakupan Mainframe dapat menangani lalu lintas internet yang cepat dan berkembang
·         Aplikasi dalam Mainframe didesain untuk bekerja dengan sedikit klien seperti NetPC dan NC
·         Mainframe bekerja sangat cepat karena hasil data bersifat cached. Yaitu akan hilang setelah dikerjakan
·         Data pada Mainframe lebih aman daripada banyak server
·         Sistem Operasi pada Mainframe dikembangkan oleh IBM
·         Sarana internet dipadukan dengan baik kedalam OS/390 (Sistem Operasi pada Mainframe)
·         Mainframe baru menawarkan penghematan yang signifikan dalam ukuran, energy dan perawatan.


sumber : https://media.licdn.com/mpr/mpr/p/3/005/099/265/2096925.jpg

2.      Midrange

Midrange sebenarnya adalah versi yang lebih moderate dibanding Mainframe, yaitu hampir sama halnya dengan Mainframe, tetapi berukuran lebih kecil, lebih murah dalam harga. Walau pun dikatakan hampir sama dengan Mainframe, kemampuan Midrange tidaklah setara dengan sebuah Mainframe.
Jika misalnya Mainframe digunakan oleh perusahaan Menengah ke atas karena membutuhkan penyimpanan yang besar dan Server yang paling aman, maka Midrange digunakan oleh perusahaan menengah ke bawah karena perusahaan tersebut tidak terlalu memerlukan kapasitas penyimpanan dan server yang besar.

 sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Midrange_computer#/media/File:IBM_System3.JPG

3.      Komputer Mikro

Komputer Pribadi / Personal Computer (PC) merupakan komputer yang dapat diletakkan diatas meja (Desktop) atau dipindahkan dari suatu ruangan ke ruangan lainnya. Jadi, secara garis besar, komputer mikro adalah komputer yang kita gunakan sehari hari.
Klasifikasi Komputer Mikro berdasarkan tujuan :
·      Laptop
·      Portable
·      Notebook
·      Desktop
 
Klasifikasi Komputer Mikro berdasarkan pemanfaatannya :
·      Komputer rumah
·      Komputer Pribadi
·      Sistem multiguna

 
 sumber : http://www.mrrental.com.au/media/computers-office/v5-431p-05_-copy.jpg?sfvrsn=0



4.      Super Komputer

Super Komputer seperti namanya, merupakan komputer super yang sangat besar dan canggih yang digunakan untuk melakukan kalkulasi yang sangat kompleks dan sangat cepat dengan ratusan ribu variable. Biasanya super komputer digunakan untung memerkiran kan cuaca dan iklim yang akan terjadi nantinya, dengan kata lain Super Komputer mampu memprediksi hal yang akan terjadi dengan menghitung banyak data variable dan memperkirakan kejadian selanjutnya. Super Komputer juga biasa digunakan untuk melakukan simulasi aerodinamis suatu benda dalam wind tunnel (terowongan angin). Super Komputer mengkalkulasikan data yang masuk dan menampilkan output ke interface secara realtime.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Supercomputer#/media/File:IBM_Blue_Gene_P_supercomputer.jpg
  

Konsep dan Komponen dalam sebuah Sistem Komputer.




 

Gambar diatas secara sederhana digambarkan sebagai :  Input -> Proses -> Output, tetapi memiliki beberapa komponen yang bekerja di bagiannya masing-masing. Berikut adalah komponen komponen yang terkait dalam sistem tersebut :
·         Input telah dimasukkan
·         Lalu akan di proses ke bagian CPU yaitu di Control Unit
·         Control Unit kemudian akan mengambil instruksi dari memori utama (primary storage) dan mengambil data dari memori utama jika diperlukan untuk proses selanjutnya
·         Control Unit akan mengirim data ke bagian Arithmetic Logic Unit (ALU) jika diperlukan perhitungan aritemetika dan logika
·         Hasil proses akan disimpan ke memori utama, dan disimpan ke memori sekunder jika masih ingin menyimpan data setelah komputer mati. Hal ini karena memori utama (RAM) bersifat Volatile, yaitu data akan hilang setelah komputer mati
·         Communication Device digunakan saat data yang diproses membutuhkan komunikasi jaringan.
·         Kemudian setelah data berhasil diproses, data akan ditampilkan ke Output Device

    Berbicara tentang pemrosesan data, tiap proses nya akan disimpan sementara ke dalam Main Memory. Main Memory yang disebutkan disini adalah RAM, karena Main Memory di dalam komputer ada dua, yaitu RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).  Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, RAM merupakan tempat penyimpanan sementara yang bersfiat volatile, yaitu data yang tersimpan akan hilang setelah komputer dimatikan. Sedangkan ROM, seperti namanya, ROM hanya dapat dibaca program di dalamnya. Karena program di dalam ROM sudah tertanam dari pabrik pembuat. Program di dalam ROM merupakan program-program penting untuk menjalankan sistem komputer.

Kecepatan, waktu dan pemrosesan komputer

Kecepatan proses data sebuah komputer dihitung berdasarkan machine cyle, yaitu sebuah siklus untuk melakukan satu operasi dari suatu instruksi

 Ukuran kecepatan komputer dalam siklus mesin

·         Milisecond                  : 1/1000 detik
·         Microsecond               : 1/1 juta detik
·         Nanosecond               : 1/1 milyar detik
·         Picosecond                 : 1/1 trilyun detik

Kapasitas penyimpanan dalam komputer

·         KiloByte           : 1024 Byte
·         MegaByte         : 1024 KB
·         GigaByte         : 1024 MB
·         TerraByte        : 1024 GB
·         PetaByte          : 1024 TB
·         ExaByte           : 1024 PB
·         ZettaByte        : 1024 EB
·         YottaByte        : 1024 ZB

Bagaimana cara komputer menyimpan sebuah data ?
Pertama, komputer menyimpan data dalam bentuk binary, yaitu dalam bentuk digit dengan angka 0 dan 1. Jika di definisikan 0 berarti false dan 1 berarti true. Dua cara penyimpanan data : EBCDIC dan ASCII

·      EBCDIC
Extended Binary Coded Decimal Interchange Code merupakan kode 8 bit huruf yang dipakai pada sistem operasi komputer IBM seperti OS/390 dan OS/400 yang biasa digunakan pada Mainframe

·      ASCII
American Standard Code for Information Interchange merupakan kode standar yang universal yang dijumpai di banyak perangkat modern sekarang. Kode dalam ASCII melambangkan huruf dan simbol. ASCII digunakan untuk menunjukkan teks oleh komputer maupun perangkat-perangkat lainnya.



Teknologi Input, Output dan Storage


Input
 Keypunch
·        Keyboard
·        Touchscreen
·        Light pen
·        Mouse
·        Source Data Information (Reader)
·        Optical Character Recognition -> Barcode

Output
·         Printer
·         Plotter
·         Video Display (Monitor)
·         Audio (Speaker)

Storage
·         Magnetic Tape
·         Magnetic Disc
·         Optical Disc
·         Hardisk
·         Flashdisk


Referensi :
2. Super Komputer   







0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲