10 Game RPG Terbaik PS1

| Sabtu, 16 Februari 2013
Masa-masa keemasan Playstation memang harus diakui menjadi waktu yang membahagiakan bagi para gamer. Bagaimana tidak? Selama kurun 7 tahun masa hidupnya, konsol abu-abu milik Sony ini berhasil menelurkan jajaran game-game berkualitas yang sebagian besar lahir dari tanah Jepang. Dari semua genre yang dihadirkan, salah satu yang paling berkesan dan mencapai masa kejayaannya tentu saja game-game RPG. Dengan kualitas developer dan ide kreatif yang masih terbuka lebar untuk dieksplorasi di masa itu, Playstation menyediakan kesempatan untuk menikmati itu semua.
Bukan hal yang mudah tentunya untuk menyeleksi dan menentukan yang terbaik dari semua game RPG yang pernah lahir di Playstation. Dengan begitu banyak judul game yang dilahir di masa itu, semuanya mampu menawarkan karakteristik yang unik dari berbagai elemen game yang dihadirkan. Dari plot yang begitu menyentuh hati, sistem pertarungan yang menarik, adiksi yang ditimbulkan, hingga chemistry yang sulit untuk dijelaskan. Satu hal yang bisa dipastikan, game-game ini menyita sebagian besar dari masa muda Anda yang mengenalnya.
RPG yang dimaksud di sini tentunya yang benar-benar mengusung gameplay tipikal turn-based yang menjadi identitas utama genre ini. Untuk membuatnya lebih spesifik, game-game yang mengusung genre seperti action-RPG atau strategy-RPG tidak menjadi bagian darinya. Dengan pilihan yang semakin mengecil, maka pilihan yang lebih tepat bisa ditemukan.
Jadi apa saja 10 game RPG terbaik yang pernah dirilis di Playstation?

10. Chrono Cross




Menghadirkan visualisasi yang menarik mata, sekaligus membawa berbagai elemen dari salah satu game RPG terbaik SNES – Chrono Trigger adalah sedikit dari nilai plus yang dihadirkan Chrono Cross. Sistem battle, kompleksitas plot, drama, dan puluhan karakter yang bisa direkrut dan digunakan membuat game ini mampu menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa. Chrono Cross bahkan sempat mendapatkan review sempurna dari situs luar negeri di saat perilisannya.

9. Lunar: Silver Star Story




Lunar mungkin bukan game RPG yang familiar bagi beberapa gamer Playstation. Visualisasinya yang masih mempertahankan cita rasa dua dimensi mungkin menjadi alasan mengapa ia tidak begitu dicintai. Namun bagi gamer yang pernah merasakannya, Lunar menyediakan kesenangan lebih daripada sekedar kualitas grafis. Plot, desain karakter, dan musik menjadi nilai plus yang patut diacungi jempol. Dipadukan dengan grafis dan gameplay sederhana, serta pertarungan yang cukup sulit, Lunar adalah game RPG yang akan membuat Anda betah menahan kontroler Playstation. Betapa lagu yang dinyanyikan Luna selalu menenangkan hati.

8. Legend of Legaia




Gamer mungkin muak melihat kualitas grafis yang ditampilkan oleh game ini, namun jika Anda memberikan kesempatan pada game ini hingga menuju pada fase battle yang ada, Anda pasti jatuh cinta dengannya. Legend of Legaia menawarkan sistem pertarungan yang unik dengan memasukkan beberapa command untuk menghasilkan jurus-jurus tertentu. Plotnya sendiri berjalan beriringan dengan perkembangan karakter.

7. Wild Arms




Dengan mengusung setting dunia barat yang liar, Wild Arms menawarkan sensasi permainan yang baru bagi para gamer RPG. Walaupun mengusung sistem permainan yang tidak jauh berbeda, satu hal yang tidak bisa dilupakan dari Wild Arms adalah musiknya yang memorable. Kualitas gambar dua dimensi yang dihadirkan juga tak kalah unik, membuat atmosfer permainan menghasilkan pengalaman yang maksimal. Memorable dan tetap dicintai hingga saat ini.

6. Breath of Fire IV




Jika saya harus memilih game RPG apa yang paling saya inginkan untuk hidup kembali di konsol masa kini, maka Breath of Fire adalah kerinduan yang paling mendalam. Kualitas grafis unik di masa Breath of Fire IV dan plot yang dihadirkan menghasilkan sensasi bermain yang luar biasa. Apalagi Breath of Fire menghadirkan elemen permainan yang kental dengan suasana ke-Indonesia-an lewat beberapa musik dan tema di dalamnya. Oh God, I do miss this game!

5. Valkyrie Profile




Mengolah kembali mitologi Norse dan meramunya kembali dalam sebuah game RPG yang epik adalah alasan utama mengapa Valkyrie Profile begitu dicintai. Gameplay yang memaksa Anda untuk mengumpulkan jiwa-jiwa petarung terkuat dari seluruh dunia untuk membantu perang di Asgaard, sekaligus menata party bertarung untuk diri sendiri merupakan elemen yang membuat game ini begitu unik. Desain karakternya sendiri, Lenneth dan Freya masih begitu memorable hingga saat ini.

4. Suikoden II




Epic adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan Suikoden II. 108 karakter yang bisa dikumpulkan, sistem battle menantang, kesempatan untuk merasakan atmosfer perang dalam skala besar, duel, dan gameplay yang adiktif akan membuat setiap gamer jatuh cinta dengannya. Suikoden II adalah game pertama yang membuat saya pertama kalinya harus ke warung internet dan mencari faqs untuk memastikan semua karakter terkumpul.

3. Final Fantasy VII




Saya yakin banyak dari Anda yang mungkin tidak setuju dengan pilihan ini. Jika harus menilik dan memilih satu di antara semua seri Final Fantasy yang dirilis orisinil di Playstation (7,8, dan 9), FF VII lah yang terbaik sejauh ini. Desain karakter di masa itu memang begitu kotak dan deformed, namun plot, emosi, dan musik yang dihadirkannya membuat seri ini begitu dicinta. Siapa yang bisa melupakan ketulusan Aerith dan kekejaman Sephiroth? Musik-musik orkestra berkelas seperti One-Winged Angel? Ruby Weapon yang begitu menantang? Final Fantasy VII menyediakan itu semua.

2. Legend of Dragoon




Pada masa keemasan Playstation, saya selalu berpikir bahwa game-game RPG terbaik hanya bisa lahir di tangan Squaresoft. Namun tampaknya SCEI membuktikan sesuatu yang berbeda. Legend of Dragoon adalah game pertama yang hampir membuat saya tidak mampu berkata-kata. Visualisasi game ini di masa itu benar-benar memukau dan menarik mata. Walaupun plot yang dihadirkan tidak terlalu “wah”, namun menyaksikan jurus-jurus keren ketika karakter utama berubah menjadi Dragoon cukup menghilangkan rasa bosan. Apalagi sistem bertarung yang dihadirkan cukup unik. Saya masih ingat bagaimana FMV game ini tampak begitu halus untuk kategori Playstation.

1. Xenogears




Saya nyaris tidak bisa berkata apapun tentang game ini. Satu kata yang dapat menggambarkan game ini secara keseluruhan: EPIC! Story yang kompleks, plot yang berat dan gelap, desain karakter dan mecha yang mumpuni, dan waktu penyelesaian yang luar biasa lama membuat Xenogears menjadi sebuah fenomena, bahkan boleh dikatakan mahakarya dari Squaresoft sendiri. Xenogears tidak dapat dipungkiri adalah game RPG terbaik yang pernah saya mainkan hingga saat ini.
Di atas adalah 10 game RPG terbaik Playstation menurut dan didasarkan pada pengalaman saya pribadi. Penyempitan kategori yang dilakukan membuat game-game yang memiliki elemen action RPG kental seperti seri Tales tidak dihadirkan di sini. Jangan ragu untuk menyuarakan ketidaksetujuan Anda, kritik, saran, atau versi RPG terbaik menurut Anda sendiri melalui komen di bawah ini. Semakin banyak berbagi, semakin terbuka pula pengetahuan kita tentang jagat game yang kita cintai. 

Sumber : http://www.jagatreview.com/2011/07/10-game-rpg-playstation-terbaik/

1 komentar:

  1. emang bener gan ni game amazing semua tapi sekarang gak ada update an nya

    BalasHapus

Next Prev
▲Top▲